Organization, Sure You Know That??

Bicara mengenai organisasi, pasti terlintas di fikiran anda bahwa pasti akan ada banyak orang. Yah memang, organisasi terdiri dari beberapa orang. Organisasi adalah suatu kumpulan  yang terdiri dari beberapa orang, memiliki struktur koordinasi yang jelas dan memiliki tujuan yang sama. Organisasi bisa terbentuk karena, rasa tanah cinta daerah atau cinta tanah air, budaya, agama, hobby, maupun latar belakang yang sama. Contohnya Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) yang ada di berbagai negara sebagai bentuk kecintaan terhadap tanah air untuk memajukan pendidikan, UKM Bola sebagai tempat penyaluran hobby sekaligus belajar tentang organisasi, dan banyak lagi.

Dengan adanya organisasi ini diharapkan dapat membangun pola pikir bagi mahasiswa, melatih kepemimpinan dan terutama dapat melatih managemen waktu yang akan berguna pada saat bekerja nantinya. Dan terbukti!!. Memang karena organisasi para pejabat maupun para pemimpin terbentuk karena organisasi, karena di organisasi memang tempat yang tepat untuk melatih soft skill seperti, kepemimpinan, managemen waktu dan juga hard skill.   

Dalam organisasi juga akan banyak timbul permasalahan, baik masalah pribadi maupun masalah antar pengurus itu sendiri. Dengan adanya organisasi kita akan belajar bagaimana caranya untuk menyelesaikan masalah yang ada dengan di bantu beberapa teman yang lain. Umumnya organisasi itu terdiri dari Ketua umum, Sekretaris umum, Bendahara umum dan ketua bidang atau pun koordinator-koordinator lain yang menunjang organisasi itu sendiri. Struktur dari setiap organisasi memiliki perbedaan yah itu tergantung dari kebutuhan dari organisasi itu sendiri.

Namun, secara umum organisasi terdiri dari ketua umum, sekretaris umum, bendahara umum, dan ketua bidang (Koordinator) dan sekretaris bidang.

Ø Ketua Umum

Bertugas sebagai pemimpin dalam organisasi, ia harus memilih dan menetapkan keputusan bersama dengan sekretaris umum dan bendahara umum. Sosok seorang ketua umum yang baik ialah yang mampu mengarahkan anggotanya, jujur, amanah, bertanggung jawab, adil, mampu mendengar pertimbangan-pertimbangan dari anggota-anggotanya, kreatif, komunikatif dan mampu memimpin.

Ø Sekretaris Umum

Seperti namanya,  sekretaris umum bertugas untuk mengurus masalah persuratan dalam organisasi, juga absen dan arsip-arsip penting lainnya. Untuk menjaga arsip-arsip tersebut ia biasanya bekerja sama dengan kesektariatan untuk mengelolah dan menyimpannya dengan baik. Tugas lain dari seorang sekretaris yaitu sebagai pembantu Ketua umum dalam mencari solusi dan penyebar informasi kepada kepala bidang maupun anggota-anggota yang lain.

Ø Bendahara Umum

Bendahara umum adalah orang yang bertugas untuk menyimpan dan mengelolah keuangan dengan baik, sekaligus membuat laporan keuangan secara rinci. Tugas lain dari seorang bendahara yaitu sebagai pembantu  Ketua umum dalam mencari solusi dan penyebar informasi kepada kepala bidang maupun anggota-anggota yang lain.

Adapun penjelasan mengenai bidang-bidang yang umum ada di organisasi mahasiswa sebagai berikut:

1. Bidang Pendidikan dan Pengkaderan

    Sesuai dengan namanya, bidang ini berfungsi untuk mendidik dan mengkader. Mendidik dalam artian membuka pola pikir mahasiswa untuk berfkir kritis, juga lebih luas  dan mengkader dalam hal ini untuk memperbaiki etika dari mahasiswa. Yah, untuk apa memiliki pengetahuan luas jika etika alias sopan santun tidak ada. Dengan adanya bidang ini akan menncetak pembicara-pembicara yang handal dan  kader-kader yang berkualitas. Latihan kepemmpinan, Kajian-kajian, training of trainermerupakan beberapa dari tugas dari bidang ini. Nama lain dari bidang ini yaitu SDM (sumber daya manusia). Di organisasi lain  biasa di pisahkan antara pendidikan dan pengkaderan.

2. Pembina Aparatur Organisasi (PAO)

          PAO merupakan bidang yang memiliki peran yang hampir sama dengan dikder karena perannya sebagai penyelesai masalah dalam organisasi. Biasanya anggota dari bidang ini sangat kepo terhadap masalah atau isu yang ada, dan segerabertindak jika dibutuhkan. Bidang ini jika di gambarkan sebenarnya memiliki peran yang sama seperti guru BK pada saat dimasa sekolah. Jadi, bila ingin curhat ke bidang ini saja. Banyak yang berpendapat bahwa bidang ini tidak memiliki program kerja yang jelas, namun jika dimaknai secara mendalam tugas seorang anggota bidang PAO cukup berat karena menyangkut selruh aparat organisasi. Aktif tidaknya anggota juga berhubungan langsung dengan PAO. Study cases dan problem solving, pembaharuan data base, pembahasan konstitusi dan pembekalan dan evaluasi kepanitiaan merupakan tugas dari bidang ini. Di organisasi yang lain bidang ini telah merangkap ke bidang pendidikan dan pengkaderan.

3. Minat dan Bakat (Mitbak)

       Mitbak merupakan bidang yang berfungsi untuk menyalurkan bakat-bakat dan hobby dari anggota organisasi. Nah, di bidang inilah kalian yang merasa punya minat dan bakat untuk menyalurkannya, bisa pula menjadi tentor bagi yang lain jika kalian merasa sudah mahir.

4. Jaringan dan  Advokasi dan Komunikasi (Jarik)

      Jika di organisasi lain, bidang ini sama dengan Humas alias hubungan masyarakat. Jika kalian berfikir bahwa tugas dari jarik ini hanyalah menghadiri Bazar dan undangan, kalian berarti selama ini salah. Jarik berfungsi sebagai jaringan yaitu untuk mempererat hubungan dengan organisasi lain, contohnya menghadiri bazar dan undangan. Jarik dalam komunikasi berarti informasi dari kepengurusan akan di kelola dan sebar oleh anggotanya dan jarik dalam advokasi berarti sebagai penyelesai masalah anatara anggota HPMM dengan anggota organisasi lain, bahkan jarik ini juga berfugsi untuk memnyelesaikan masalah yang yang berhubungan dengan akademik. Misalnya ada yang terancam Drop Out (DO) atau pun mempunayi masalah dengan nilai juga dengan dosen. Semuanya bisa di bantu oleh bidang jarik.

5. Kerohanian

     Hampir  di semua organisasi  yang mayoritas anggotanya beragama islam bidang ini pasti ada. Fungsi dari bidang ini yaitu sebagai pembentuk akhlak yang sesuai dengan islam dan melatih anggota-anggota nya menjadi pembicara yang baik dalam segi keislaman. Program kerja yang biasa di adakan yakni Kajian rutin, sharing-sharing, Tadarrusan.

6. Kesekretariatan

      Kesekretariatan memiliki banyak fungsi dalam kepengurusan. Kesekretariatan membantu dalam pengumpulan iuran anggota, menyimpan berkas-berkas penting kepengurusan dan menjaga inventaris kesekretariatan.

              Organisasi memang merupakan wadah untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Tanpa organisasi pendidikan di kampus tak akan cukup untuk melatih kemampuan sesorang.

Marilah bersama-sama memperkaya diri dengan ilmu, untuk masa depan. Demi mencapainya, jangan lupa juga dengan ilmu akhirat.

Yah sekian yang bisa saya paparkan kali ini, jika ingin bertanya silahkan!!

HIDUP MAHASISWA!!
HIDUP MAHASISWA!!

Wassalam.

Thanks for Reading.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua Karena Nasionalisme

We Need Khilafah