MEREKA JUGA INDONESIA



Masih jelas dalam ingatan kita, konflik papua seminggu yang lalu yang bahkan sampai hari ini pun se-Indonesia masih mencari jalan keluar agar supaya konflik ini reda dan Indonesia kembali berdamai.

Permasalahan ini bermula ketika, bendera Indonesia yang tepat berada pada halaman (didepan asrama Papua)nampak / tiangnya nampak dibengkokkansehingga terlihat  seperti bendera jatuh. Dari pengakuan yang mereka sampaikan bahwa bukan mereka yang melakukan hal tersebut. Akan tetapi kekacauan timbul pada warga Papuakarena pengakuan yang mereka sampaikan tidak di Indahkan tetapi justru malah aparat yang seharusnya menjadi penganyom masyarakat seolah mendeskriminasi mahasiswa -mahasiswa saat itu. TNI, polisi, pamong praja malah melakukan penyerangan dan memberikan cacian kepada mereka mahasiswa papua sehingga Virallah cacian yang tidak pantas dan menyayat hati kepada kita sebagai manusia. 
Menururt mereka tidak 1, 2 kali merka mendapatkan pelecehan, penghinaan dan dianggap tidak Indonesia, bahkan ini terjadi sudah turun temurun bahkan bertahun-tahun.

Hari dimana konflik itu bermula mereka sudah meminta pendampinghukum akan tetapi aparat tidak memberikan kesempatan berbicara secara legalitas dan bahkan aparat melakukan pendobrakan dan penembakan gas air mata. Sungguh sedih hati ini melihat fakta tersebut terjadi.

Polisi berasumsi tindakan tersebut untuk menghindari gesekan-gesekan atau konflik yang berkepanjangan yang akan menimbulkan kematian.

Akibat dari kekecewaan mereka akhirnya menimbulkan berbagai kekacauan seperti pelemparan, pengrusakan mobil-mobil dan pengrusakan fasilitas umum seperti perkantorann, puncaknya terjadi pada 19 Agustus 2019 yaitu :
1. Kerusuhan dan kebakaran di lapas Sorong, Papua Barat
2. Massa Jayapura melakukan longmarch menuju kantor gubernur Papua
3. Kerusuhan yang terjadi di Makassar oleh mahasiswa Papua dengan salah satu Ormas.

Analisa :
*Saya justru bertanya atau berfikir, tidak adakah sesuatu dibalik semua ini ? tidak adakah pihak-pihak yang memiliki kepentingan  yang dengan sengaja menimbulkan perpecahan dengan mengangkat isu yang paling sensitis yaitu Rasisme yang bertujuan untuk memecah belah persatuan bangsa dan melakukan ataupun melanjutkan kepentingannya dengan mulus. 
* Kesedihan, kemarahan dan konflik yang berlarut tanpa ada penyelesaian dari tahun ke tahun hingga membuat masalah ini semakin membesar.
*Kesejahteraan yang tak pernah terpenuhi yang mendorong massa semakin kuat dan bersatu meminta kejelasan hukum

SOLUSI :
* Islam Rahmatan Lil Alamin merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta, termasuk hewan, tumbuhan Jin dan manusia, 

Islam agama yang mulia yang sudah atauu telah menghapuskan bahkan mengharamkan Rasisme karena pada dasarnya kita semua sama sehingga penegakan syariat islam adalah solusi dalam hal ini.

 يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ 

Artinya : "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal".

Adapun solusi lain yang harus di terapkan ialah :

1. Pemerintah seharusnya lebih memperhatikan lagi kesejahteraan rakyatnya termasuk Papua yang  berada di bagian ujung Timur Indonesia.
2. Pengelolaan Sumber Daya Alam yang ada di Papua agar kembali di olah oleh negara bukan negara Asing.
sebagai mana di sebutkan dalam hadist bahwa :
“Al-muslimûna syurakâ`un fî tsalâtsin: fî al-kalâ`i wa al-mâ`i wa an-nâri”
Artinya : "Kaum Muslim berserikat dalam tiga perkara yaitu padang rumput, air dan api (HR. Abu Dawud dan Ahmad)
aelengkapnya baca di :
3. Penghapusan Ormas yang memicu konflik hingga ke akar-akarnya.

Cukup sekian, jika ada yang salah tolong din koreksi, dan jika ada tambahan analisa dan solusi silahkan tambahkan di Komentar.

Terimakasih


Materi By Novi Y
Penambahan sekaligus Edit By Ira R

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua Karena Nasionalisme

We Need Khilafah