Yuk Qiyamul Lail


Qiyamul lail, atau biasa di sebut juga sebagai sholat malam. Nah, salah satunya ada sholat tahajjud. Sholat yang begitu penting untuk di laksanakan bagi setiap insan yang mengaku beriman, mengaku bahwa Nabi Muhammad ialah nabi terakhir yang menjadi teladan bagi setiap manusia. Rahmatan Lil Alamin.

Rasulullah senantiasa melaksanakan shalat tahajjud di setiap malamnnya, namun tidak semua orang bisa melaksanakan sholat tahajjud dengan mudahnya, karena aktivitas ini bisa di laksanakan di malam hari saat oranglain masih tidur dengan pulasnya.
“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya (Qs. Sajdah : 32),

Di riwayatkan oleh Hurairah ra, rasulullah saw bersabda :
“Setan membuat tiga ikatan pada tengkuk salah seorang dari kaliansedang tidur. Dia memukul pada setiap ikatan seraya berkata , “Engkau memiliki malam yang sangat panjang maka tidurlah. “Apabila orang tersebut bangun dan berdzikir kepada Allah, maka terurailah satu ikatan. Kemudian apabila ia whudu, maka teruailah satu ikatan yang kedua,. Jika setelah itu ia sholat, maka terurailah seluruh ikatan. Di pagi hari ia akan bersemangat dan berjiwa baik. Tetapi jika tidak melakukan tiga perkara di ata, maka di pagi hari ia akan buruk jiwanya dan menjadi pemalas.

Berikut tips  dan trik agar senantiasa dapat bagun di sepertiga malam :
1. Menjauhi maksiat di siang hari
2. Tidak makan terlalu kenyang di malam hari
3. Berniat untuk bangun di sepertiga malam, yang di baca sebelum tidur
4. Berwudhu sebelum tidur
5. Melaksanakan adab-adab sebelum tidur
Adab-adab sebelum tidur mengibaskan tempat tidur tiga kali sambil membaca Allahu Akbar, kemudian membaca Ayat kursi, Al-fatihah, Surah Tri Qul (Al-ikhlas, Al-Falaq, dan An-nas) lalu meniupkan ke telapak tangan lalu mengusap ke seluruh tubuh.

Keutamaan melaksanakan ibadah tahajjud :
1. kebbiasaan ahli surga ketika di dunia
2. Dimudahkan segala urusan dan mudah diangkat derajatnya di dunia.

Nah, gimana kawan... Yuk, biasakan diri melaksakan sholat malam ☺


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua Karena Nasionalisme

We Need Khilafah