Ihsanul Amal

Segala perbuatan manusia akan dipertanggung jawabkan kelak di akhirat.

 “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya”. (AQS. Al-Isra` : 36).

"Tidak henti-hentinya kedua kaki anak-anak Adam (manusia) itu nanti berdiri pada hari kiamat di depan Tuhannya, sehingga ia akan ditanya empat macam perkara yaitu: 
1) Umurnya dimana dihabiskan;
2) Masa mudanya untuk apa digunakan; 
3) Hartanya dari mana diperoleh dan kemana dibelanjakan; 
4) Amalan apa yang telah dikerjakan sesuai dengan apa yang diketahui” (HR. Tirmidzi)

      Ada 2 syarat di terimanya suatu ibadah, :
1. Niat ikhlas karena Allah
Niat merupakan pondasi amal sebagai mana dalam hadis di sebutkan "Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung niatnya.” (HR. Bukhari dan Muslim). 
    
2. Sesuai dengan syariat Islam
     Dalam agama Islam niat yang benar tidak cukup untuk menjadikan suatu perbuatan itu benar, namun juga harus sesuai dengan syariat Islam. Syariat mana yang di maksud? Ialah syariat yang berlandaskan Al-Qur'an dan Sunnah nabi Muhammad Saw.

      Bagaimana bila niat benar tapi caranya salah atau caranya benar namun niatnya salah. Contohnya, ia berniat untuk mencari calon istri atau suami agar segera menikah dan melaksanan ibadah seumur hidup namun tidak di lalui dengan ta'aruf, malah di lakukan dengan "Pacaran" .
padahal itu adalah suatu kemaksiatan.

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا
"Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk" (Al-Isra : 32)

Adapula yang niatnya ingin menafkahi keluarga namun bekerja di kantor yang bersistem "Riba", padahal dalam Al-Qur'an jelas di sebutkan bahwa 
"Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba"  (Qs. Al-Baqarah : 275)

Untuk mengetahui apa saja yang termasuk syari'at Islam maka kita sebagai seorang muslim atau muslimah wajib untuk Menuntut ilmu sebagaimana dalam hadis 
"Menuntut Ilmu adalah wajib bagi setiap muslim" (HR. Bukhari)


Referensi :
Al-Qur'an dan hadist
Radio Rodja.com
Tanjungpinangpos.id
Tafsirq.com




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semua Karena Nasionalisme

We Need Khilafah